TINGKATKAN KOMPETENSI, PRODI TADRIS BAHASA INDONESIA PRIORITASKAN KULIAH TAMU

Dipublikasikan

Menghadirkan Dosen Ahli untuk Peningkatan Kompetensi Mahasiswa dalam Prodi Tadris Bahasa Indonesia

UNZAH_GENGGONG– Tadris Bahasa Indonesia (TBID) Fakultas Tadris Umum (FTU) Universitas Islam Zainul Hasan (UNZAH) Genggong mengadakan acara kuliah tamu secara online melalui google meet pada Jumat (25/03/24) lalu

Terdapat 74 peserta yang hadir dalam acara kuliah tamu kali ini. Dekan Fakultas Tadris Umum, Ketua Program Studi Tadris Bahasa Indonesia serta Dosen tetap Tadris Bahasa Indonesia juga ikut andil dalam acara kuliah tamu yang diselenggarakan oleh salah satu dosen tetap Tadris Bahasa Indonesia yakni Bapak Fatih Holis Ahnaf, M.Pd. 

Kegiatan kuliah tamu merupakan salah satu kegiatan rutin setiap semester dua kali yang dilaksanakan secara bergantian oleh dosen tetap TBID.

Acara kuliah tamu kali ini mengusung tema ARTIFICAL INTELLEGENCE DALAM PENDIDIKAN “Peluang dan Tantangan Mahasiswa dan Calon Pengajar”. Tujuan tema tersebut mengharapkan mahasiswa dapat menggunakan AI dengan benar dan tidak salah menggunakan.

Tujuan dan manfaat kuliah tamu yaitu menambah wawasan dan informasi yang lebih luas dari praktisi pendidikan atau narasumber eksternal, menambah nilai akreditasi pada poin kegiatan akademik di luar perkuliahan dan menjalin kerjasama lebih banyak dari berbagai lembaga atau instansi.

“Agar sebagai mahasiswa dan calon guru memiliki kompetensi yang cukup, karena kita hidup untuk menyongsong masa depan bukan hari kemarin, jadi apapun itu tantangan yang ada di hari esok kita harus lewati.” Ujar Bapak Fatih selaku dosen penyelanggara acara kuliah tamu.

Pemateri kali ini yaitu Gatut Setiadi, M.Pd selaku Dosen Institut Agama Sunan Kalijogo Malang. Terdapat 3 topik yang dibahas dalam kuliah tamu kali ini yaitu mengenai Artifical Intellegence (AI), seputar mahasiswa, dan calon pengajar. Artificial Intellegence adalah simulasi kecerdasan manusia yang menerapkan ke dalam perangkat mesin lain, sehingga perangkat tersebut punya cara berpikir seperti manusia. Terdapat dampak negatif dan dampak positif dari AI yaitu dampak positifnya meningkatkan produktivitas, membantu proses pengambilan keputusan, mendorong inovasi teknologi, sedangkan dampak negatifnya: penggantian pekerjaan manusia, ketergantungan terlalu besar, permasalahan keamanan dan privasi.

Selain itu, ketua program studi juga mempunyai harapan kepada mahasiswa TBID. “Prodi bertekad dan berharap agar mahasiswa lulusan TBID lulus dengan lebih profesional dan berkompetensi” Ujar Ibu Magfirotul Hamdiah.

Acara kuliah tamu bulan ini berjalan dengan lancar, namun terdapat kendala minor yang dialami oleh Bapak Fatih selaku dosen penyelenggara acara kuliah tamu kali ini  “Untuk kendala saya pikir hanya kendala minor saja, yang sudah dibantu oleh mahasiswa. Saya berterima kasih kepada mahasiswa yang sudah secara khusus saya bentuk tim panitia serta saya berterima kasih kepada  ketua prodi yang sudah mensupport dan membantu acara ini.” Ujarnya. (*)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*