Terobosan SQUAMINTEA: Mahasiswa UNZAH Genggong Mendapatkan Silver Medal di Youth International Science Fair 2024

Dipublikasikan

UNZAH GENGGONGPrestasi Internasional Kampus Juara: Lima Mahasiswa UNZAH Raih Silver Medal di Youth International Science Fair 2024 yaitu Siti Fathimatuzzuhro (TMTK), Laila Fitria (MKS), Azizah Amelia Citra (MPI), Siti Aisyah Syaiful Arifin (TBI), Aulia Nazwa Billah (PAI)

UNZAH GENGGONG– Prestasi internasional kembali diraih oleh Lima Mahasiswa Lembaga Pengembangan dan Bimbingan Olimpiade Internasional (LPBOI) Universitas Islam Zainul Hasan (UNZAH) Genggong di ajang Youth International Science Fair Tahun 2024. Senin 18 Maret 2024.

Youth International Science Fair merupakan sebuah kompetisi internasional yang diadakan oleh Indonesian Young Scientist Association bekerja sama dengan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro di Malang Creative Center (MCC), Malang, Indonesia.

Diikuti oleh 395 tim dari 16 negara, termasuk Indonesia, Malaysia, Singapura, Philipina, Turki, Hongkong, Amerika Serikat, Korea Selatan, Rumania, Uni Emirat Arab, Vietnam, Thailand, Mexico, Afrika Selatan, Iran, dan negara-negara lainnya.

Dalam ajang bergengsi ini tim UNZAH menyumbangkan Silver Medal untuk Indonesia yang Beranggotakan Siti Fathimatuzzuhro, Laila Fitria, Azizah Amelia Citra, Siti Aisyah Syaiful Arifin, Aulia Nazwa Billah dengan produk yang diberijudul “SQUAMINTEA” menyajikan hasil tentang pemanfaatan daun mint.

Siti Fathimatuzzuhro selaku perwakilan dari kelompok LPBOI UNZAH ini memaparkan bahwa SQUAMINTEA adalah singkatan dari “Utilization of Mint Leaves as a Healthy Antioxidant Tea Drink”. Ini adalah konsep atau produk yang menggabungkan daun mint sebagai bahan utama untuk menciptakan minuman teh yang sehat dan kaya antioksidan.

“Minuman ini diharapkan memiliki manfaat kesehatan yang baik karena kandungan antioksidan alami yang dimiliki oleh daun mint. Selain menyegarkan, minuman ini juga dapat memberikan manfaat tambahan bagi kesehatan konsumen, seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu dalam detoksifikasi,” ungkapnya

Lebih lanjut Fatim menjelaskan bahwa dalam kategori Innovation Science, produk SQUAMINTEA ini dapat dianggap sebagai inovasi yang menarik melibatkan pemanfaatan bahan alami, yaitu daun mint, untuk menciptakan produk minuman teh yang memiliki nilai tambah dalam hal kesehatan dan nutrisi.

“Inovasi ini melibatkan penggabungan antara pengetahuan tentang kesehatan dan manfaat antioksidan dari daun mint dengan kebutuhan akan minuman sehat dan menyegarkan,” terangnya.

Selain itu, produk SQUAMINTEA bisa menjadi alternatif yang menarik bagi konsumen yang peduli dengan kesehatan dan mencari minuman yang menyehatkan dengan cita rasa yang enak.

“Dengan demikian, konsep ini memperlihatkan inovasi dalam pemanfaatan bahan alami untuk menciptakan produk yang memberikan nilai tambah bagi kesehatan konsumen, yang merupakan salah satu aspek penting dari Innovation Science,” imbuhnya.

Dr. Abdul Aziz Wahab, BA., M.Ag., selaku Rektor UNZAH mengungkapkan kebanggaannya atas pencapaian gemilang yang berhasil diraih oleh mahasiswa universitas tersebut di tingkat internasional. Menurutnya, dedikasi dan semangat juang yang tak pernah padam dari mahasiswa UNZAH terus mengukir sejarah baru yang memperkokoh posisi universitas tersebut sebagai kampus juara di kancah internasional.

“Deretan prestasi ini mempertegas posisi kita kepada dunia sebagai kampus juara,” ujar Dr. Abdul Aziz Wahab dengan penuh keyakinan.

Prestasi yang diraih oleh mahasiswa UNZAH bukan hanya sekadar mengukir namanya dalam sejarah, tetapi juga menjadi bukti nyata akan kualitas pelayanan pendidikan yang maksimal.

Kita tau bahwa dalam berbagai ajang bergengsi di tingkat internasional, mahasiswa UNZAH telah menorehkan prestasi yang membanggakan. Mulai dari kompetisi akademik, olimpiade sains, hingga kejuaraan olahraga, mahasiswa UNZAH terus menunjukkan bahwa mereka mampu bersaing di kancah global.

Doktor Aziz menekankan pentingnya peran dukungan dan bimbingan dari dosen dan orang tua dalam membantu mahasiswa mencapai prestasi tersebut. “Komitmen dan kerja keras dari seluruh komponen universitas telah menjadi kunci kesuksesan dalam menghasilkan generasi yang berkualitas dan berprestasi,” tambahnya.

Prestasi mahasiswa UNZAH ini juga memberikan inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus berusaha dan menggapai mimpi-mimpi mereka. Dengan semangat yang terus berkobar, UNZAH berharap dapat terus menghasilkan lulusan yang mampu bersaing dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa.

Dengan demikian, pencapaian gemilang yang diraih oleh mahasiswa UNZAH tidak hanya menjadi kebanggaan bagi universitas, tetapi juga menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi generasi muda Indonesia untuk terus berprestasi di tingkat internasional. (*)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*