Rapat Kerja Pengurus Daerah IMLA Jawa Timur di UNZAH: Kerjasama Pendidikan Bahasa Arab Ditingkatkan

Dipublikasikan

الاجتماع التنفيذي لإدارة الجمعية الإسلامية لتعلم اللغة العربية في جاوة الشرقية في جامعة زين العابدين الوطنية: تعزيز التعاون في تعليم اللغة العربية

UNZAH GENGGONG- Kampus Universitas Islam Zainul Hasan (UNZAH) Genggong menjadi saksi berlangsungnya Rapat Kerja Pengurus Daerah Ittihad Mudarris Al-Lughah Al-Arabiyah (IMLA) Jawa Timur, di Aula Lantai III Kampus UNZAH, Genggong. Sabtu (09 Maret 2024).

Rapat ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Ketua IMLA Indonesia, Prof. Dr. Uril Bahruddin, Lc., M. Pd, dan Ketua IMLA Jawa Timur, Prof. Dr. M. Abdul Hamid, M. Pd. Salah satu momen penting dalam rapat ini adalah penandatanganan Surat Perjanjian Kerjasama (SPK) antara Kepala Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah UNZAH, Muhammad Sugianto, M.Pd.I., dan Ketua IMLA Jawa Timur.

Prof. Dr. Uril Bahruddin, Ketua IMLA Indonesia, menyatakan, “Rapat kerja ini menjadi tonggak penting dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan bahasa Arab di Jawa Timur. Kerjasama antara IMLA dan UNZAH serta Pusat Studi Bahasa UIN Maliki Malang akan memberikan kontribusi positif dalam pengembangan kurikulum dan peningkatan kualitas pengajaran.” Terangnya.

Ketua IMLA Jawa Timur, Prof. Dr. M. Abdul Hamid, menambahkan, “Penandatanganan SPK antara UNZAH dan IMLA Jawa Timur merupakan langkah konkret untuk memperkuat sinergi antara lembaga pendidikan dan organisasi kebahasaan. Dengan demikian, kami berharap dapat menciptakan lulusan yang kompeten dan siap menghadapi tuntutan global di bidang bahasa Arab.” Imbuhnya

Muhammad Sugianto, M.Pd.I., Ka.Prodi PBA Fakultas Tarbiyah UNZAH, juga menegaskan, “Kerjasama ini bukan hanya tentang tinta di atas kertas, tetapi tentang implementasi ide-ide inovatif dalam proses pembelajaran. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan standar pendidikan bahasa Arab di UNZAH.” Terangnya

Pusat Studi Bahasa Asing UNZAH dan Pusat Studi Bahasa UIN Maliki Malang melalui penandatanganan MOA berharap dapat saling mendukung dalam penelitian dan pengembangan serta pertukaran pengalaman akademis.

Acara ditutup dengan harapan berupa Do’a dari Dr. Edi Kurniawan Farid, “Semoga kerjasama ini menjadi berkah bagi kedua belah pihak dan dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan pendidikan bahasa Arab di Jawa Timur. Mari kita jaga kebersamaan ini dalam bingkai kemajuan dan keberlanjutan.” Pungkasnya. (*)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*