Lakukan Benchmarking ke IAIN Sultan Amai Gorontalo, Upaya Tingkatkan Mutu Prodi MKS UNZAH

Dipublikasikan

UNZAH GENGGONG– Program Studi Manajemen Keuangan Syariah (MKS) Universitas Islam Zainul Hasan (UNZAH) Genggong Kraksaan Probolinggo melaksanakan benchmarking dengan prodi MKS IAIN Sultan Amai Gorontalo. Kedatangan dari Program Studi  Manajemen Keuangan Syariah disambut ramah oleh pihak FEBI IAIN Sultan Amai Gorontalo, Kamis (31/08/2023).

Kegiatan benchmarking ini dilakukan di kampus 1 IAIN Sultan Amai Gorontalo yang terletak di Jalan Sultan Amai, Pone, Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo,  dalam rangka peningkatan mutu dan pelayanan akademik di lingkup Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Kunjungan dilakukan oleh Zahida I’tisoma Billah, M.E., selaku Ketua Prodi MKS UNZAH beserta para Kaprodi MKS se-Indonesia. Kehadirannya diterima oleh Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik dan Kemahasiswaan Dra. Hj. Farida Napu, M.Pd dan Dekan FEBI IAIN Sultan Amai Gorontalo, Dr. Roni Mohamad, M.Si.

Zahida mengatakan, Asosiasi Nasional Prodi Manajemen keuangan Syariah telah melaksanakan Rakornas tahunan ke 2, pelaksanaan Rakornas ini diadakan pada 19-21 Agustus 2023 di Gorontalo yang menjadi tuan rumah adalah salah satu anggota asosiasi yaitu prodi MKS IAIN sultan Amai Gotontalo, dalam rakornas tersebut menghasilkan kesepakatan bersama yaitu:

  1. Harmonisasi kurikulum prodi MKS secara nasional yaitu ada 34 matakuliah wajib prodi atau setara 100 sks.
  2. Menyepakati secara nasional nama dan jumlah matakuliah yang dapat dilaksanakan dengan pendekatan MB-KM yaitu di semester 4 dan 5.

“Alhamdulillah, banyak sekali ilmu yang saya dapat” ungkapnya.

Selain itu kepala prodi MKS UNZAH juga menjalin kerjasama dengan beberapa anggota asosiasi prodi MKS-Indonesia yaitu prodi MKS IAI Syekh Maulana Qori Bangko, UIN Satu Tulungagung, STAIN bengkalis-Riau, UIN Suka Yogyakarta, UIN SGD Bandung, IAIN Sultan Amai Gorontalo, IAIN Ternate, dan IAIN Ambon,

Tidak hanya itu, Ka.Prodi MKS UNZAH Genggong juga menjalin kerjasama dengan asosiasi prodi MKS-Indonesia yaitu jurnal Ar-Ribhu. selain itu kaprodi MKS UNZAH Genggong juga melaksanakan benchmarking dengan prodi MKS IAIN Sultan Amai Gorontalo.

acara rakornas dibarengi dengan acara International Call for paper dengan tema transformation and digitalization of The Islamic Finance

Turut hadir pula secara daring (zoom meeting) dalam acara International call for papers yaitu mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UNZAH Genggong dari Prodi MKS, ES, dan PS yang lolos dan presentasi jurnal internasional atas nama Moh. rizal kurniawan (MKS smt 5), agnes alya namira (ES smt 7), fio aditya (PS smt 5). dalam acara tersebut kaprodi MKS UNZAH Genggong zahida I’tisoma Billah juga turut menjadi reviewers dalam International Call for paper FEBI IAIN Sultan Amai Gorontalo. (Zhd)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*