Melalui Kuliah Tamu Program Studi Tadris Matematika (TMTK) Siap Tingkatkan Enam Literasi Dasar

Dipublikasikan

UNZAH GENGGONG– Kuliah tamu series dengan tema 6 Literasi Dasar prodi Tadris Matematika, dilaksanakan pada hari Senin tanggal 10 April 2023 yang diadakan secara daring.

Kegiatan dimulai pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 11.30 WIB. Kegiatan ini dihadiri oleh Wahyu Lestari, M.Pd. (Dekan Fakultas Tadris Umum), Eka Rahayu, M.Pd. (Ka. Prodi TMTK), Eko Waluyo, M.Pd., Athar Zaif Zairozie, M.Pd. dan Darwin Djeni, M.Sc. (Dosen Tetap TMTK) dan seluruh mahasiswa Program Studi Tadris Matematika.

Kegiatan Kuliah tamu ini adalah salah satu Rencana Tindak Lanjut (RTL) pendidikan dari Kerjasama antara kampus UNZAH dengan Universitas PGRI Argopuro Jember. Saifiyatil Kamilah sebagai moderator yang membimbing acara inti penyampaian materi dengan Narasumber Indah Rahayu Panglipur, S.Pd., M.Pd, yang mana beliau adalah Dosen Tetap Pendidikan Matematika di Universitas PGRI Argopuro Jember. 

Tema ini penting untuk diangkat mengingat rendahnya hasil survei program for international student assessment pada tahun 2018. Indonesia menempati peringkat ke-62 dari 70 negara atau merupakan 10 negara terbawah yang memiliki tingkat literasi rendah pada tahun 2020. UNESCO menyebutkan minat baca masyarakat Indonesia hanya 0.001% atau dari 1000 orang hanya satu saja yang rajin membaca. 

Indah Rahayu Panglipur, S.Pd., M.Pd, memberikan tips dan trik kepada mahasiswa TMTK sebagai calon guru agar siswa yang dididik memiliki minat baca yang tinggi. Trik guru dalam menumbuhkan minat baca siswa yakni membaca 15 menit sebelum pembelajaran dan menanggapi buku tersebut kemudian melakukan kegiatan literasi dalam semua pembelajaran dengan buku pengayaan. 

“selain itu literasi ini berguna untuk peningkatan kemampuan berpikir kritis dan tidak mudah percaya dengan informasi, karena harus ditelaah terlebih dahulu. Selain itu sebagai latihan konsentrasi dan fokus meningkatkan nilai budi pekerti serta kepekaan informasi digital” ujar beliau.

Ia juga menambahkan bahwa kegiatan literasi tidak hanya sebatas membaca dan menulis, ada juga kegiatan fisik olahraga dan lain-lainnya. Yang lebih menarik bagi siswa adalah literasi elektronik karena dalam media belajar aplikasi terdapat kemandirian artinya bisa belajar sendiri, menyenangkan, menarik dan juga mudah untuk dipahami.

Kegiatan Kuliah Tamu diakhiri ucapan terima kasih kepada seluruh Narasumber sekaligus panitia yang telah membantu melancarkan dan menyukseskan kegiatan kuliah tamu tersebut. Dan harapannya akan ada RTL lain di bidang penelitian dan Pengabdian Bersama Dosen dan Mahasiswa Tadris Matematika UNZAH dengan Universitas PGRI Argopuro Jember. (eka)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*