Training of Trainer (ToT) Penyusunan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka

Dipublikasikan

UNZAH GENGGONG- Upaya untuk memaksimalkan potensi peserta didik dan kualitas pembelajaran pada lingkungan pendidikan terus dilakukan salah satunya melalui kurikulum merdeka.

Sejak diluncurkan pada Februari 2022, Kurikulum merdeka belum sepenuh diterapkan oleh satuan pendidikan khususnya lembaga pendidikan di bawah naungan Kementerian Agama Kab. Probolinggo. Sebagai bentuk keseriusan Universitas Islam Zainul Hasan (UNZAH) Genggong dalam menyukseskan program Kementerian Agama tersebut, Rektor Universitas Islam Zainul Hasan Genggong, Dr. Abd. Aziz, BA., M.Ag. menugaskan kepada enam dosen tetap Universitas Islam Zainul Hasan Genggong untuk mengikuti “Training of Trainer Penyusunan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka” yang dibimbing langsung oleh Master Trainer Kurikulum Merdeka, Dr. Basuki, M.Ag. Kegiatan ToT tersebut diselenggarakan selama enam hari yaitu 17-19 dan 24-26 Maret 2023 di Hotel Ndalem Katong, Ponorogo.

Enam dosen yang ditugaskan di antaranya adalah Kustiana Arisanti, M.Pd.I dosen tetap program studi Pendidikan Agama Islam, Zainuddin, M.Pd., Benny Hamdani, M.Pd  dan Raudhatul Islam, M.Pd. dosen tetap program studi Tadris Bahasa Inggris, Poppy Rachman, M.Pd. dan Nur Fatimah, M.Pd. dosen tetap program studi Manajemen Pendidikan Islam.

Selama enam hari, keenam dosen tersebut di atas dilatih untuk dapat memahami regulasi Kurikulum Merdeka pada Sekolah dan Madrasah, mengidentifikasi Capaian Pembelajaran (CP) sebagai dasar merumuskan Tujuan Pembelajaran (TAPI), menyusun ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) dan menyusun Modul Ajar.

Adapun kurikulum yang disusun merupakan kurikulum untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah. Sehingga output dari kegiatan ini adalah mencetak trainer kurikulum merdeka bersertifikasi untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Keenam trainer tersebut selanjutnya akan diprogramkan untuk memberikan pelatihan penyusunan kurikulum dan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka pada seluruh lembaga pendidikan di bawah naungan Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong.

Lembaga pendidikan tingkat dasar terdiri dari SD Zainul Hasan Genggong dan MI Kholafiyah Syafi’iyah Zainul Hasan Genggong. Lembaga Pendidikan tingkat menengah terdiri dari SMP Zainul Hasan 1 Genggong, SMP Unggulan, MTs Zainul Hasan 1 Genggong, SMA Zainul Hasan 1 Genggong, SMA Unggulan Zainul Hasan Genggong, SMK Zainul Hasan Genggong, MA Zainul Hasan 1 Genggong dan MA Model Zainul Hasan Genggong.

Setelah program tersebut tercapai, selanjutnya Rektor Universitas Islam Zainul Hasan Genggong berharap Universitas Islam Zainul Hasan Genggong bekerja sama dengan Kementerian Agama Kab. Probolinggo, dengan menugaskan trainer-trainer UNZAH untuk mendampingi seluruh lembaga pendidikan di bawah naungan Kementerian Agama Kab. Probolinggo, mulai dari jenjang pendidikan dasar hingga jenjang menengah atas. Sehingga seluruh satuan pendidikan di Kab. Probolinggo dapat mengimplementasikan kurikulum merdeka secara optimal. (AZ)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*