Isi Kuliah Umum di UNZAH, Dekan Fakultas Keamanan Nasional UNHAN RI Bicara Soal Keamanan Bangsa

Dipublikasikan

UNZAH GENGGONG– Dekan Fakultas Keamanan Nasional (FKN) Unhan RI  Mayjen TNI Dr. Ir. Pujo Widodo, S.E., S.H., S.T., M.A., M.D.S., M.Si., M.Si (Han)., memberikan kuliah umum Menguatkan Wawasan Kebangsaan kepada 200 mahasiswa Universitas Islam Zainul Hasan (UNZAH) Genggong di Aula KH. Hasan Saifourridzall pada Senin, 6 Maret 2023.

Mayjen Pujo menyampaikan bahwa Indonesia adalah bangsa besar yang diraih lewat perjuangan yang besar.

Beliaupun mengingatkan mahasiswa UNZAH mengenai ancaman penjajahan gaya baru (neo-kolonialisme) di Indonesia sehingga mahasiswa tidak mudah diadu domba.

“Pola penjajahan di era sekarang berbeda dengan penjajahan di masa lalu. Namun pola yang digunakan tetap sama, yaitu politik adu domba,” kata Mayjen Pujo sembari mengingatkan mahasiswa UNZAH agar tidak mudah di adu domba.

Perjuangan merebut bangsa ini sangatlah keras dari jajahan bangsa lain selama berabad-abad lamanya.

Kemerdekaan yang diperoleh saat ini merupakan hasil dan jerih payah serta tetesan keringat seluruh tumpah darah Indonesia.

Perjuangan di Surabaya misalnya yang dikenal Peristiwa 10 November 1945 di mana arek-arek Suroboyo seperti Sutomo atau Bung Tomo hanya berbekal bambu runcing, senjata rakitan dan rampasan berani menghadapi serangan penjajah dan sekutunya.

“Dari perjuangan itu ada nilai-nilai kebangsaan seperti rela berkorban, pantang menyerah sekalipun nyawa melayang. Kemudian juga ada nilai kebersamaan, gotong royong, optimisme, percaya diri dan nasionalisme. Sebagai generasi muda, Mahasiswa UNZAH harus menjadi garda terdepan untuk menjaga tanah air yang selalu terpatri dalam diri anak-anak bangsa”, tegas beliau saat memberikan Kuliah Umum. (rfq)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*