Beri Kuliah Umum, Rektor UNZAH Tekankan Pentingnya Akhlaq Mulia

UNZAH GENGGONG- Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Zainul Hasan (UNZAH) Genggong mengadakan Kuliah Umum di Aula KH. Hasan Saifourridzall. Senin (14/11/2022).

Acara tersebut dihadiri oleh 150 mahasiswa Community Based Learning (CBL) yang terdiri dari semester 1.

Kuliah umum yang dibuka langsung oleh Rektor UNZAH Dr. Abdul Aziz Wahab, CH., CHT., BA., M.Ag., sekaligus menyampaikan materi penting menjadi mahasiswa yang berakhlaq mulia.

Secara singkat beliau menerangkan, Mahasiswa sebagai pelaku utama dan agent of exchange dalam gerakan-gerakan pembaharuan memiliki makna yaitu sekumpulan manusia intelektual, memandang segala sesuatu dengan pikiran jernih, positif, kritis yang bertanggung jawab, dan dewasa.

Secara moril mahasiswa akan dituntut tangung jawab akademisnya dalam menghsilkan buah karya yang berguna bagi kehidupan lingkungan.

Doktor Aziz, mengkategorikan mahasiswa sebagai lapisan intelektual yang memiliki tanggung jawab sosial yang khas Shill menyebutkan ada lima fungsi kaum intelektul, yakni mencipta dan menyebar kebudayaan tinggi menyediakan bagan-bagan nasional dan antar bangsa, membina keberdayan dan bersama mempengaruhi perubahan sosial di masyarakat.

Beliau juga berharap agar semua mahasiswa UNZAH mampu meningkatkan kapasitas dan kualitasnya sebagai calon lulusan yang memiliki kemampuan akademik yang baik disertai dengan akhlak yang baik juga.

“Semoga, dengan diselenggarakannya kuliah umum ini dapat meningkatkan kapasitas dan kualitas mahasiswa agar lulusan UNZAH memiliki kualitas akademik yang baik yang disertai dengan akhlak yang baik juga,” harapnya.

Sementara itu, Dr. Mamluatun Nikmah, M.Pd., selaku Dekan Tarbiyah UNZAH menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kesempatan yang sangat bagus bagi mahasiswa untuk menimba ilmu secara langsung dari Rektor yang menjadi salah satu narasumber.

Beliau berharap dengan adanya kuliah umum seperti ini dapat membuka wawasan sehingga mahasiswa dapat menghasilkan inovasi-inovasi baru terkait dengan pengembangan kompetensi jurusan yang ada di Tarbiyah.

“Kuliah umum ini diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan skill dan kompetensi mahasiswa dalam menguasai keterampilan serta dapat meningkatkan kualitas keilmuan,” tuturnya. (rfq)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Alamat

    Jl. P.B, Sudirman, No. 360, Kraksaan, Probolinggo, 67282. Telp/Fax: 0335-842178
  • Telepon

    0335-842178
  • Fax

    0335-842178
  • Email

    sekretariat@unzah.ac.id


Universitas Islam Zainul Hasan Genggong - 2022