UNZAH Genggong Gelar Seleksi Baca Kitab Kuning untuk Penerima Beasiswa S1 Pemprov Jatim

Dipublikasikan

UNZAH GENGGONG– Universitas Islam Zainul Hasan (UNZAH) Genggong menggelar Ujian lisan membaca kitab Fathul Qorib bagi calon mahasiswa program beasiswa peningkatan kualifikasi Akademik S1 guru Madrasah Diniyah di Jawa Timur.

Tak hanya di UNZAH, ujian baca kitab juga dilaksanakan secara serentak di seluruh institusi mitra LPPD Pemprov Jatim sebagai penyelenggaran pendidikan S1 hari ini Jumat, 12 Agustus 2022.

Hadir langsung sebagai Pemantau dan Pendamping dari Lembaga Pengembangan Pesantren dan Diniyah (LPPD) Provinsi Jawa Timur. Dr. H. Achmad Muhibin Zuhri, M.Ag., Sekjen LPPD. dan Ibu Nurul Mahmuda, S.Sos, M.Si,.

Sebagai penguji, Dr. Musolly, M. Ag. Doktor lulusan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sekaligus Mudir Mahad Aly Nurul Qodim dan KH. Nawawi Ma’shum, M.Pd., Pengasuh Ponpes Nurut Taqwa Grujugan Cermee Bondowoso

Tepat pukul 08.00 WIB serangkaian acara pembukaan Tes Lisan dibuka oleh Rektor UNZAH dan perwakilan dari LPPD Jatim.

Dr. Abdul Aziz Wahab, M.Ag., mengatakan. Ujian baca kitab kuning merupakan tolak ukur bagi calon mahasiswa dalam penguasaan kitab, kelancaran membaca kitab, peguasaan Bahasa Arab (Nahwu dan Shorrof) serta pemahaman isi kitab.

Penguasaan kitab kuning merupakan salah satu standar kompetensi calon mahasiswa penerima beasiswa yang terdiri dari para guru Madrasah Diniyah Jawa Timur.

Kepada para mahasiswa baru saya ingin mengajak untuk meluruskan niat. Tetapkan secara tegas apa tujuan Anda.

Segera kumpulkan informasi tentang tujuan tersebut, apa yang Anda butuhkan untuk mencapainya. Susun rencana untuk mendapatkan segenap syarat yang diperlukan tadi.

Sadarilah bahwa setiap saat dalam masa kuliah Anda adalah saat berjuang untuk mengumpulkan setiap kompetensi tadi. Setiap kegagalan dalam masa kuliah itu adalah kegagalan di masa depan Anda.

Jangan sampai saat lulus Anda menjadi orang yang tidak memiliki tempat untuk dituju, karena berbagai pintu tertutup bagi Anda.

“Ayok jangan ada pemikiran yang penting kuliah” pesan Rektor UNZAH saat memberikan sambutan kepada para calon mahasiswa penerima beasiswa Madin.

Sementara itu, Dr. H. Achmad Muhibin Zuhri, M.Ag., Sekjen LPPD Pemprov Jatim menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan berbagai pihak dalam membangun berbagai strong partnership.

Khususnya dalam meningkatkan kualifikasi akademik bagi seluruh tenaga pendidik di lingkungan madrasah diniyah.

”Harapan kami, kerja sama Pemprov Jatim dengan UNZAH serta LPPD Jatim terus berjalan ke depannya,” terang beliau dalam sambutannya sebelum akhirnya ditutup dengan do’a. (rfq)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*