Rektor UNZAH Memberikan Pembinaan di Pondok Pesantren Azidan Kota Probolinggo

Dipublikasikan

UNZAH GENGGONG– Rektor Universitas Islam Zainul Hasan (UNZAH) Genggong Dr. Abdul Aziz Wahab, M.Ag., memberikan pembinaan di Pondok Pesantren Azidan Kota Probolinggo yang di Asuh oleh KH. Moh Hasan Irhamni Maulana. Rabu (13/7/2022)

Pembinaan kali ini lebih menekankan pada peran ustadz-ustadzah terhadap kecerdasan spiritual santri di lembaga RA MI SMP MA Pondok Pesantren Azidan Probolinggo dan juga bertujuan untuk meneguhkan jati diri asatidz dan karyawan.

Dr. Abdul Aziz Wahab, M.Ag., berpendapat. Para Asatidz atau guru itu merupakan orang yang memiliki kemampuan dan keahlian khusus mendidik, membimbing, membina, mengarahkan, menilai, mengevaluasi peserta didik.

Pondok pesantren sebagai salah satu lembaga pendidikan, untuk dapat menjalankan proses pembelajarannya dengan baik diperlukan konsep manajemen pendidikan Islam ala pondok pesantren.

Doktor Aziz menjabarkan. Masa depan pesantren sangat ditentukan oleh faktor manajerial. Pesantren akan berkembang secara signifikan manakala di kelola secara profesional.

Dengan pengelolaan yang sama, pesantren yang sudah berkembang akan bertambah besar.

Sebaliknya, pesantren yang maju akan mengalami kemunduran manakala manajemenya tidak terurus dengan baik.

“Jika mengabaikan manajemen, lembaga pesantren akan gulung tikar dalam menghadapi tantangan zaman kedepan,” pungkas Rektor UNZAH Genggong tersebut. (*)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*