Puluhan Dosen Hadiri Mujahadah Kubro Tegalsari Ponorogo 2022, Dekan Syariah Turut Do’akan Unzah

UNZAH GENGGONG– Puluhan Dosen Universitas Islam Zainul Hasan (UNZAH) Genggong memantapkan diri hadir untuk mengikuti Mujahadah Kubro di komplek masjid dan makam Kiai Muhammad Besari, Desa Tegalsari Jetis Ponorogo, Minggu malam (19/6/2022) mulai pukul 21.00 WIB.

Mujahadah Kubro yang digelar Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur itu menyelenggarakan doa bersama yang dipimpin oleh 11 ulama pesantren salaf.

KH Abdussalam Shohib selaku Ketua Panitia Harlah 1 Abad NU mengungkapkan benerapa kiai yang hadir antara lain Rais Aam PBNU KH Miftahul Akhyar, Rais Syuriah PWNU Jatim KH Anwar Mansur, Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar, KH Agoes Ali Masyhuri (Gus Ali), Ketua MUI Jatim KH Mutawakkil Alallah, dan KH Abdul Matin Jawahir, KH Hadi Muhammad Mahfudz, KH Atho’illah Anwar Lirboyo, dan banyak ulama/kiai Jatim lainnya.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian Peringatan Satu Abad NU, yang berpuncak pada 27 Rajab 1444 H, tepatnya pada Februari 2023,” kata Ketua Panitia 1 Abad Harlah NU KH Abdussalam Shohib tadi malam.

Dekan Fakultas Syariah UNZAH Imam Syafi’i, MH., menegaskan bahwa kegiatan ini bertujuan sebagai upaya batiniah bagi kalangan Nahdliyin agar negara dan dunia bisa bangkit lagi setelah dua tahun pandemi.

“Tentu setelah pandemi selesai, kondisi bangsa baik secara ekonomi atau yang lain masih banyak tantangan. Maka di samping ikhtiar batin, juga tidak kalah pentingnya usaha batiniah. Di momen ini kita juga mendoakan negara dan dunia untuk bisa bangkit lagi setelah dua tahun pandemi,” ujarnya.

Lebih jauh dijelaskan Ustad Syafi’i, prosesi Mujahadah Kubro semalam murni ritual tanpa ada pidato sama sekali.

“Mujahadah kubro diisi dengan Ijazah Hizb Nawawi, Hizb Autad, Hizb Nashr, kemudian dilanjutkan dengan mujahadah dan istighotsah kubro. Jadi kami upayakan untuk tetap taqarrub kepada Allah Ta’ala dan mendo’akan UNZAH agar semakin berkembang,” tuturnya seraya sambil berdo’a. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Alamat

    Jl. P.B, Sudirman, No. 360, Kraksaan, Probolinggo, 67282. Telp/Fax: 0335-842178
  • Telepon

    0335-842178
  • Fax

    0335-842178
  • Email

    sekretariat@inzah.ac.id

Universitas Islam Zainul Hasan Genggong - 2022