Mahasiswa KKN UNZAH Berikan Pendampingan P-IRT Terhadap UMKM di Desa Sumberbulu.

Dipublikasikan

UNZAH GENGGONG -Mahasiswa Universitas Islam Zainul Hasan (UNZAH) Genggong yang tergabung dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) melakukan pendampingan terhadap UMKM yang berada di Desa Sumberbulu, Kecamatan Tegalsiwalan, Kabupaten Probolinggo.

Kegiatan dilakukan melalui sosialisasi mengenai strategi pengembangan UMKM dalam menghadapi perkembangan ekonomi modern.

Dalam penyelenggaraan kegiatan itu, para mahasiswa bekerja sama dengan pengurus GKS (Gerakan Masyarakat Terintegrasi Koperasi dan Usaha Mikro Desa Sumberbulu) UMKM setempat.

Ada dua produk yang berhasil dikembangkan oleh Mahasiswa yaitu kripik Tempe dan krupuk Samiler termasuk persiapan untuk mengurus perizinan.

“Terdapat tiga materi yang kami sampaikan dalam kegiatan sosialisasi itu,” kata perwakilan mahasiswa KKN UNZAH Masjid At-Taqwa Desa Sumberbulu, Faiz Safinatun Najah, Kamis (17/03/2022).

Materi pertama yang diberikan adalah mengenai Permohonan Perizinan Berusaha Skala Mikro dan Kecil agar para pelaku usaha dapat memahami pentingnya izin usaha dalam melakukan usaha.

Sedangkan materi kedua mengenai Pencatatan pada UMKM diberikan agar para pelaku usaha dapat mengetahui cara melakukan pencatatan keuangan yang benar dengan metode yang lebih modern.

Selain itu, mereka juga memberikan materi ketiga mengenai pemanfaatan media digital sebagai sarana pemasaran UMKM juga dimaksudkan untuk membantu pelaku usaha mengembangkan jangkauan jaringan usahanya kepada masyarakat luas.

“Peserta cukup antusias dalam mengikuti acara tersebut,” kata Faiz Safinatun Najah

Dr. Mamluatun Nikmah, M.Pd., Dekan Fakultas Tarbiyah UNZAH sangat mengapresiasi segala bentuk kegiatan yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN.

“Perizinan dan bentuk kemasan atau legalitas yang harus dimiliki oleh pelaku industri rumah tangga salah satunya adalah Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SP-PIRT),” Ungkap ibu dekan tersebut sambil memberi masukan. (rfq)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*