Edukasi Masyarakat, UNZAH Hadirkan Pelatihan Juru Sembelih Halal.

Dipublikasikan

UNZAH GENGGONG– Penyembelihan hewan merupakan salah satu ciri khas dari moment bulan kurban dan salah satu agenda penting dalam perayaan umat Islam, penyembelihan hewan tersebut haruslah dilakukan dengan cara yang halal.

Untuk itu, Universitas Islam Zainul Hasan (UNZAH) Genggong mengadakan pelatihan Juru Sembelih Halal (JULEHA) guna mengedukasi masyarakat mengenai penyembelihan hewan secara halal. Minggu (06/02/2022).

Bertempat di Aula KH. Hasan Saifourridzall acara tersebut di ikuti oleh 100 peserta.

Narasumber dari JULEHA Indonesia, M. Fathurrazi menjelaskan sebelum mulai menyembelih, penyembelih perlu menyiapkan pisau yang tajam untuk menyembelih beserta pisau cadangannya.

Ketajaman pisau bisa diperiksa terlebih dulu dengan memotong kertas. Jika dilihat belum tajam, maka pisau perlu diasah terlebih dahulu.

“Tidak hanya hewan yang disembelih yang perlu diperhatikan, teknik penyembelihannya pun perlu mendapat perhatian khusus,” ungkapnya.

Dr. Abd Aziz, M.Ag., selaku Rektor UNZAH dalam sambutannya menjelaskan pada para peserta pelatihan, bahwa JULEHA ini adalah perkumpulan Juru Sembelih Halal berbasis kompetensi yang mensyi’arkan penyembelihan sesuai syariat dan kampanye produk makanan halal di masyarakat.

Kegiatan ini sangat penting untuk mewujudkan juru sembelih halal yang mandiri, tangguh, terampil, berakhlak mulia dan bermanfaat bagi masyarakat.

”Misi mengadakan kegiatan pelatihan penyembelihan halal ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan produk halal, serta membantu masyarakat dalam pelaksanaan penyembelihan halal “, jelasnya. (rfq)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*