Prof. Dr. M. Arskal Salim GP, M.Ag: Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global.

UNZAH GENGGONG– Mahasiswa Universitas Islam Zainul Hasan (UNZAH) Genggong harus menjadi bagian dari masyarakat SDM unggul dalam proses peningkatan kualitas manusia menuju kecakapan hidup abad 21.

Demikian hal itu disampaikan Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Lektur, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi, Balitbang-Diklat, Kementerian Agama RI Prof. Dr. M. Arskal Salim GP, M.Ag, pada acara Workshop Peningkatan Kompetensi Dosen dalam Berkompetisi di Era Milenial. Rabu (12/01/2022).

Lebih lanjut, Prof. Arskal, demikian ia akrab disapa, dalam menuju SDM unggul maka pilar pembangunan Indonesia 2045 adalah masyarakat yang unggul, berbudaya, serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Pilar berikutnya setelah SDM Unggul, yaitu ekonomi yang kuat dan berkelanjutan. Pembangunan yang merata dan inklusif. Negara yang demokratis, kuat, dan bersih,” imbuh Guru Besar Shiyasah Syar’iyyah (Ilmu Politik Islam) itu.

Menurut beliau salah satu penyebab rendahnya mutu lulusan perguruan tinggi adalah rendahnya budaya literasi.

Era media sosial semakin menambah faktor kemalasan mahasiswa dalam membaca dan mencari literatur akademik.

“Bangsa yang besar ditandai dengan masyarakatnya yang memiliki budaya literasi dan peradaban tinggi dan aktif memajukan masyarakat dunia,” kata Prof Arskal. (rfq)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Alamat

    Jl. P.B, Sudirman, No. 360, Kraksaan, Probolinggo, 67282. Telp/Fax: 0335-842178
  • Telepon

    0335-842178
  • Fax

    0335-842178
  • Email

    sekretariat@inzah.ac.id