Studi Lapangan, Mahasiswa TIPS UNZAH Teliti Sosial Keagamaan Masyarakat Suku Tengger.

Dipublikasikan

UNZAH GENGGONG– Mahasiswa Program Studi (Prodi) Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial (TIPS) Universitas Islam Zainul Hasan (UNZAH) Genggong, menjalani kegiatan studi lapangan dalam rangka mempelajari nilai-nilai multikulturalisme keagamaan masyarakat Tengger Kabupaten Probolinggo, Sabtu (18/12/2021) yang lalu.

Sebanyak 21 mahasiswa semester III terbagi tiga kelompok dengan judul penelitian yang berbeda

Fokus riset kelompok pertama tentang nilai-nilai Multikulturalisme dalam Interaksi Sosial Keagamaan Masyarakat Suku Tengger di Desa Ngadisari Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo.

Kelompok kedua tentang tradisi dan nilai-nilai upacara Kasada dalam upaya pelestarian kebudayaan masyarakat Suku Tengger Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo.

Kelompok ketiga menganalisis Sosial Ekonomi Masyarakat Suku Tengger di Desa Ngadisari Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo.

Babul Bahrudin, M. Pd., selaku Ketua Prodi TIPS UNZAH mengatakan, kegiatan ini kita lakukan sebagai upaya untuk mengenalkan mahasiswa secara langsung tentang bagaimana proses multikulturalisma keagamaan dan sosial ekonomi masyarakat setempat berlangsung.

“Selama ini mereka sudah diperkenalkan materi tentang sosial, ekonomi mikro hingga bisnis industri di bangku kuliah,” kata ustad Babul yang turun langasung sebagai Dosen Pembina Studi Lapangan tersebut.

Dari itu pihaknya berharap program tersebut dapat memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa didiknya, sekaligus dapat menambah wawasan untuk mengkolaborasikan konsep, teori maupun praktik yang didapatkan di lapangan.

“Tentu melalui kegiatan ini kita berharap mahasiswa nantinya dapat menambah wawasan seputar sosial dimasyarakat sehingga nantinya mereka mampu mengimplementasikan melalui konsep dan praktik yang berbeda di kemudian hari,” pungkasnya. (rfq)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*