Webinar Nasional LP2M Unzah: “Penelitian dan Pengabdian di Masa Pandemi”

Dipublikasikan

Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat merupakan dua aspek utama dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, selain Pendidikan dan Pengajaran.

Jika pendidikan dan pengajaran dapat dilakukan via daring dengan berbagai aplikasi smartphone, bagaimana dengan pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang juga wajib dilaksanakan perguruan tinggi? Nah, kali ini Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UNZAH melaksanakan Webinar Nasional yang berjudul “Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19 Menuju Era New Normal”.

Acara webinar LP2M ini sebenarnya tidak hanya dilakukan secara online saja, namun juga offline. Via online dapat diikuti oleh masyarakat umum, sedangkan via offline diperuntukkan kepada para mahasiswa semester VII yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN), dengan tujuan sebagai pembekalan KKN sebelum mereka terjun ke lingkungan masyarakat. Acara webinar ini menghadirkan dua narasumber ahli dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, yaitu Prof. Dr. H. Mufidah Cholil, M.Ag. (Guru Besar UIN Maulana Malik Ibrahim Malang), dan Dr. Abdul Muhid, M.Si. (Dosen UIN Sunan Ampel Surabaya).

Moderator dalam diskusi ilmiah ini adalah Siti Maryam, M.Pd.I selaku Ketua LPM Unzah. Welcome Remark disampaikan oleh Dr. Abd. Aziz, M.Ag., Rektor Universitas Islam Zainul Hasan (UNZAH) Genggong Probolinggo. Selain itu, acara ini secara langsung dihadiri pula oleh para dosen pembimbing lapangan KKN mahasiswa Unzah. Para mahasiswa tetap diwajibkan memenuhi protokol kesehatan, tempat duduk diatur sebagaimana ditentukan dan diwajibkan memakai masker.

Materi kedua disampaikan oleh Dr. Abd. Muhid, M.Si., beliau menyampaikan materi tentang Pengabdian kepada Masyarakat di Masa Pandemi. Beliau menyampaikan bahwa KKN merupakan metode penemuan (self-discovery), inquiry, dan sebagainya dimana para mahasiswa berpartisipasi aktif dalam membentuk ide baru dari pengalaman-pengalaman di lapangan. Prof. Mufidah juga menyampaikan bahwa program PkM bermanfaat untuk memaksimalkan partisipasi perguruan tinggi dalam menerjemahkan ilmu dan teknologi untuk kesejahteraan masyarakat.

Selanjutnya Prof. Mufidah menguraikan beberapa strategi PkM Unzah di masa New Normal, diantaranya 1) menata ulang model KKN individual dan berbasis IT; 2) pengabdian di lingkungan tempat tinggal; 3) aksi nyata untuk memecahkan masalah dan menemukan solusi; 4) tema pengabdian adaptif dengan situasi new normal; 5) memperkuat komunikasi dan berjejaring; 6) Output untuk perubahan diarahkan pada perubahan mindset, perilaku yang sejalan dengan era new normal; 7) pelaksanaan PkM tetap menerapkan protokol kesehatan.

Para mahasiswa tampak antusias dalam menyimak materi yang disampaikan kedua narasumber. Selain itu, peserta umum via daring juga semangat bertanya saat tiba di sesi tanya jawab. Tim LP2M berharap kegiatan ini bermanfaat baik bagi mahasiswa maupun peserta umum dalam melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di era new normal. Dengan demikian, diharapkan dapat meningkatkan kontribusi perguruan tinggi dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan pemberdayaan masyarakat. (Wq_red)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*