9 Dosen Ikut PKDP, Rektor UNZAH Berharap Lahirkan Dosen Profesional

Dipublikasikan

UNZAH GENGGONG– Sebanyak 9 Dosen Universitas Islam Zainul Hasan (UNZAH) Genggong mengikuti Pelatihan Peningkatan Kompetensi Dosen Pemula (PKDP) yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam bersama Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama. Senin (21/8/2023)

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 21 sampai 26 Agustus 2023 itu bertempat di Harris Hotel and Convention Malang.

PKDP merupakan singkatan dari “Peningkatan Kompetensi Dosen Pemula”. Program ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pengembangan kompetensi kepada para dosen yang akan diseleksi untuk sertifikasi agar dapat lebih efektif dalam mengajar dan berkontribusi dalam lingkungan akademik. Program ini biasanya mencakup berbagai materi dan pelatihan yang relevan dengan pendidikan, pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Pada tahun ini, UNZAH mengajukan 30 dosen. Dan patut kita syukuri 9 diantaranya di terima untuk mengikuti serangkaian PKDP di UIN Maulana Malik Ibrahim sebagai penyelenggara dengan kuota tahun ini 2500 dosen baik PTKIN atau PTKI.

Adapun dosen yang dinyatakan sebagai peserta PKDP tahun 2023 antara lain, Hayatul Millah, Ismatul Izzah, Ahmad Zainullah, Ahmad Khumaidi, Babul Bahruddin, Darwin Djeni, Bahruddin Zaini, Vita Firdausiah, M. Inzah.

Bahruddin Zaini, sebagai salah satu tenaga Dosen di UNZAH yang berhasil terpilih untuk mengikuti PKDP, mengungkapkan bahwa diperlukan komitmen yang kuat untuk mengokohkan nilai-nilai nasional dalam praktik keagamaan, yang memiliki potensi dampak positif bagi keberlangsungan kampus UNZAH kedepan.

“Oleh karena itu, berpartisipasi dalam kegiatan ini memiliki signifikansi yang sangat besar karena pastinya nanti kita akan mampu meningkatkan profesionalisme dosen dalam menjalankan tugas-tugas Tridharma Perguruan Tinggi, serta meningkatkan pengetahuan dosen tentang dinamika global dan kemampuan beradaptasi dengan lingkungan dan norma budaya di lingkungan perguruan tinggi,” kata Bahruddin Zaini, seorang dosen di UNZAH yang dikenal dengan senyum ramahnya.

Sementara itu, dalam keterangan terpisah, Dr. Abdul Aziz Wahab, BA., M.Ag., selaku Rektor UNZAH mendoakan yang terbaik bagi para dosennya.

beliau berharap kepada seluruh angkatan PKDP tahun ini akan lahir dosen yang profesional setelah masa inkubasi knowledge itu.

“Tentu kegiatan Short Course ini adalah wadah yang bertujuan meng-upgrade materi mengenai pembelajaran, road map peningkatan kompetensi dosen, penulisan artikel karya ilmiah, karir dan jabatan dosen serta penguatan moderasi beragama, dengan materi tersebut maka diharapkan akan lahir dosen yang profesional,” katanya. (rfq)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*