Pesan Rektor untuk Mahasiswa KKN: Jadilah Utusan UNZAH yang Meninggalkan Kesan Positif Bagi Masyarakat

Dipublikasikan

UNZAH GENGGONG– Universitas Islam Zainul Hasan (UNZAH) Genggong menggelar Pembekalan Kuliah Kerja Nyata Tahun 2023 guna mempersiapkan mahasiswa peserta KKN.

Ainur Rofiq Sofa

Bertempat di Aula KH. Hasan Saifourridzall, pembekalan KKN ini dilaksanakan secara maraton mulai hari Rabu sampai dengan Minggu tanggal 8 –  9 Februari 2023.

Sebanyak 460 mahasiswa akan diterjunkan pada KKN tahun 2023 ini, yang tersebar di 58 desa yang ada di 4 kecamatan wilayah Kabupaten Kabupaten Probolinggo dengan waktu pemberangkatan 11 Februari – 12 Maret 2023.

Dalam satu kelompok KKN dibimbing oleh 1 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), dimana masing-masing kelompok terdiri dari 5 – 8 peserta (laki-laki dan perempuan) dari 15 prodi yang ada di UNZAH, sehingga dalam kegiatan KKN di lapangan nanti akan terjadi pembagian peran sesuai ilmu atau teori yang didapat mahasiswa selama di kampus.

Dalam pembekalan KKN yang mengangkat tema “KKN-PKM Berbasis Masjid Optimalisasi Potensi Masyarakat Menuju Desa Tangguh dan Berkarakter”, panitia membuat sistem pembekalan terpadu sehingga diharapkan penjelasan teknis, materi, dan diskusi saat pembekalan bisa fokus dan spesifik membahas segala hal yang berkaitan dengan KKN.

DPL juga bisa memaksimalkan penjelasan lokasi (desa) dimana mahasiswa akan melakukan kegiatan KKN dari berbagai aspek, misal aspek sosiologis, antropologis, adat istiadat dan budaya yang melekat pada wilayah yang akan dijadikan lokasi KKN.

KKN ini merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa yang akan menyelesaikan studinya di UNZAH Genggong.

Dr. Abdul Aziz Wahab, BA., M.Ag., selaku Rektor UNZAH berharap Dengan diadakannya pembekalan ini, diharapkan semua mahasiswa yang akan melaksanakan KKN mampu menerapkan ilmu yang telah mereka geluti selama di bangku perkuliahan, untuk diaplikasikan kepada masyarakat di desa dan pada saat bersamaan belajar tentang nilai kehidupan dalam bermasyarakat itu sendiri.

Dengan semakin banyaknya skema KKN, mudah-mudahan semakin menambah pengalaman belajar dan semakin meningkatkan kompetensi lulusan UNZAH Genggong.

Kegiatan KKN setiap tahunnya itu menjadi salah satu momentum untuk mengangkat nama baik UNZAH di tengah-tengah masyarakat.

“Oleh karena itu, kepada adik-adik KKN saya berpesan jadilah utusan UNZAH yang meninggalkan kesan positif kepada masyarakat. Mudah-mudahan apa yang sudah kita rencanakan ini bisa berjalan dengan baik dan membawa manfaat bagi mahasiswa dan kemajuan Kampus UNZAH di masa depan,” pesan Rektor UNZAH kepada para mahasiswa. (rfq)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*