PK2MB Hari Ke-3: Nun Hassan Ahsan Malik Menceritakan Kisah Sejarah Pondok Pesantren Genggong

Dipublikasikan

UNZAH GENGGONG– Pesantren Zainul Hasan sejak awal pendiriannya dikenal dengan sebutan Pondok Pesantren Genggong yang didirikan oleh KH. Zainul Abidin pada tahun 1839 M / 1250 H. Yang terletak di Desa Karangbong Kecamatan Pajarakan Kabupaten Probolinggo.

Hal itu disampaikan oleh Nun Hassan Ahsan Malik pengasuh Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong pada kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PK2MB) Universitas Islam Zainul Hasan (UNZAH) Genggong pada hari ke-3 dihalaman kampus. Senin (22/08/2022)

Lebih lanjut Nun Alex menceritakan. Pada masa kepemimpinan KH. Hasan Saifourridzall pada tahun 1952 Pondok Pesantren Genggong diganti dengan nama Asrama Pelajar Islam Genggong ”APIG” yang didasarkan pada semakin tinggi minat masyarakat belajar di Pondok Pesantren, hal itu dapat dilihat dari jumlah santri, grafiknya meningkat dan nama tersebut diabadikan terhitung sejak 1952 M. Sampai dengan 1959M. (7 tahun).

Pada masa kepemimpinan KH. Hasan Saifourridzall pula timbul gagasan untuk mengabadikan kedua pendiri pesantren yaitu KH. Zainul Abidin dan KH. Mohammad Hasan tepatnya pada tanggal 1 Muharrom 1379 H./ 19 juli 1959 M.

“Jadi menetapkanlah nama Pesantren semula bernama Asrama Pelajar Islam Genggong menjadi Pesantren Zainul Hasan Genggong tak lain diambil dari kedua pendiri tersebut,” ungkapnya. (rfq)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*