Ciptakan Inovasi Herbal dari Bunga Kumis Kucing, Mahasiswa Unzah Genggong Torehkan Prestasi Internasional

Dipublikasikan

Sebanyak lima mahasiswa Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo, Jatim, kembali berhasil menorehkan prestasi internasional. Kali ini, mahasiswa Unzah meraih Bronze Medal melalui karya inovasi herbal dari bunga kumis kucing.

Prestasi itu diraih dalam kompetisi International Youth Business Competition. Kegiatan yang diikuti ratusan mahasiswa dari berbagai negara itu berlangsung pada 25 – 28 Juni 2024 yang bertempat di Universitas Diponegoro, Semarang.

Diikutioleh 96 Team dari 8 negara yakni Iran, Republic Of Korea, United States Of America,  Malaysia, Thailand, Malaysia, Vetnam dan Indonesia.

Keberhasilan Mahasiswa Unzah dalam ajang lomba tersebut merupakan suatu prestasi luar biasa yang memperkuat reputasi dan dedikasi mereka dalam bidang inovasi dengan membawakan karya berjudul “Orthosiphon Aritasus Herbal Innovation”

Tergabung dalam satu team berada dibawah pembinaan Lembaga Pengembangan dan Bimbingan Olimpiade Internasional (LPBOI) yakni Putri isabella, Rosidah putri, Dianatul Qoyyimah, Wiwik Andryani Rahmat, Qorinatul Jamilah mereka berhasil meyakinkan juri bahwa produk inovasinya layak menang.

Wiwik Andryani Rahmat mengungkapkan bahwa kebutuhan akan tanaman obat sebagai bahan baku obat tradisional saat ini semakin meningkat. Tanaman obat yang dimaksud adalah jenis tanaman yang memiliki khasiat sebagai obat sehingga mampu digunakan untuk menyembuhkan ataupun mencegah berbagai penyakit. Meningkatnya kebutuhan tanaman obat mengakibatkan meningkatnya permintaan pasar akibat ketertarikan masyarakat terhadap obat tradisional semakin tinggi. Masyarakat lebih tertarik menggunakan obat tradisional karena dipengaruhi anggapan bahwa produk bahan alam lebih aman daripada obat pada umumnya. Oleh karena itu mereka berinovasi dengan membuat produk yang diberi nama Orthosiphon Aritasus Herbal Innovation.

“Alhamdulillah inovasi kita bisa naik ke tingkat internasional bersanding dengan kampus terkemuka”, ucap Wiwik Andryani Rahmat dengan rasa bangga.

Dr. Abdul Aziz Wahab, CH., CHT., BA., M.Ag., sebagai Rektor UNZAH, merasa sangat bangga karena mahasiswanya berhasil meraih penghargaan di ajang internasional yang sangat bergengsi.

“Dengan rasa syukur, saya melihat ini sebagai pencapaian bersejarah bagi kampus kami. Saya mengucapkan selamat dan sukses kepada semua yang telah mengharumkan nama Kampus UNZAH Genggong di tingkat internasional,” ujarnya.

Doktor Aziz menekankan bahwa semua prestasi ini tidak akan tercapai tanpa dukungan penuh dari seluruh dosen dan barokah dari masyayikh Pondok Pesantren Genggong. Ia juga menyampaikan rasa terima kasih atas kontribusi semua pihak dalam pencapaian ini.

“Saat ini, saya yakin bahwa barokah dari Masyayikh Genggong, kerja keras, doa orang tua, dan dukungan dari para dosen senantiasa menyertai kami. Berkat semua itu, mahasiswa UNZAH sudah berada di jenjang internasional,” katanya dengan penuh rasa syukur.

____Info lebih lanjut:
Website: www.unzah.ac.id
Facebook: officialunzahgenggong
Instagram: unzah_genggong
Tiktok: unzahgenggong
Telegram: @officialunzah
Youtube: unzah genggong

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*