Gelar Kuliah Tamu, Mahasiswa TBID UNZAH Peroleh Ilmu Menulis Fiksi dan Cara Mempublikasikannya 

Dipublikasikan

Kraksaan – Sabtu (22/06), Program Studi Tadris Bahasa Indonesia (TBID) Fakultas Tadris Umum (FTU) Universitas Islam Zainul Hasan (UNZAH) Genggong mengadakan acara kuliah tamu lagi secara online melalui Aplikasi Zoom Meeting pada hari Sabtu, 22 Juni 2024.

Terdapat 67 peserta yang hadir di acara kuliah tamu kali ini. Dekan Fakultas Tadris Umum, Ketua Prgram Studi Tadris Bahasa Indonesia serta dosen tetap Tadris Bahasa Indonesia juga ikut hadir dalam kegiatan kuliah tamu yang diselenggarakan oleh salah satu dosen tetap, yaitu dosen yaitu Bapak Ahmad Ilzamul Hikam, M.Pd selaku dosen yang ahli dalam bidang sastra.

Kegiatan kuliah tamu adalah agenda rutin prodi TBID yang dilaksanakan secara bergantian oleh dosen tetap  sesuai dengan mata kuliahnya.  Acara kuliah tamu pada hari ini mengangkat tema mengenai “Proses dalam Menulis Fiksi serta Cara Mempublikasikannya Melalui Penerbit dan Media Massa” . Tujuan dari tema ini mengharapkan mahasiswa dapat menuliskan imajinasinya menjadi karya fiksi dan mempublikasikannya melalui penerbit dan media massa sebagai bahan literasi.

Tujuan dan manfaat kuliah tamu yaitu dapat menambah wawasan dan informasi yang lebih luas dari praktisi pendidikan, atau narasumber eksternal, menambah poin akreditasi pada point kegiatan akademik di luar perkuliahan dan menjalin kerjasama lebih banyak dari berbagai lembaga atau instansi “ Di prodi Tadris Bahasa Indonesia lulusannya selain menjadi guru dan jurnalistik yaitu menjadi seorang penulis karya sastra/fiksi, karena karya sastra itu sendiri media penyampaiannya yaitu bahasa, pada saat kita belajar sastra, kita belajar bahasa juga, harapan saya setelah acara perkuliahan tamu ini semua mahasiswa menghasilkan karya fiksi yang di publikasi sebagai bahan literasi” Ujar Bapak Ilzam selaku dosen penyelenggara acara kuliah tamu.

Pemateri kali ini yaitu Ibu Yuanita Widiastuti, M.Pd selaku guru SMAN 1 Kraksaan, Mahasiswa S3 Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Negeri Malang, dan penulis karya fiksi. Terdapat 2 topik yang dibahas pada kuliah tamu kali ini,  pertama proses dalam menulis fiksi. m bahwasanya menulis karya fiksi bagi pemula itu bisa dilakukan dengan cara 4M yaitu, 1) menentukan ide, bahwasanya ide bisa kita dapat dari mana saja, bisa dari pengalaman pribadi, seseorang, dsb, 2) menata alur, tahapan menata alur adalah bagian dari rangkaian yang melibatkan pemikiran kritis , 3) menuangkan imajinasi, yaitu memulai Menyusun cerita berdasarkan kegiatan menata alur yang telah dilakukan, 4) melakukan penyuntingan, yaitu membaca karya secara berulang, meminta orang lain untuk membaca dan memberikan komentar, menyunting dari segi Teknik penulisan (EYD), dan cek plagiasi. kedua yaitu proses cara mempublikasikan pada penerbit dan media massa. Tak hanya itu, Dekan Fakultas Tadris Umum juga mempunyai harapan kepada mahasiswa TBID “Setelah acara perkuliahan tamu ini selesai harapan saya mahasiswa TBID mempublikasikan karya yang banyak, kalau bisa karyanya menjadi terkenal agar bisa membawa nama harum prodi dan fakultas, dan memikat hati calon mahasiswa untuk kuliah di prodi TBID”.Ujar Dekan FTU

_________Info lebih lanjut:
Website: www.unzah.ac.id
Facebook: officialunzahgenggong
Instagram: unzah_genggong
Instagram Fakultas: ftu.unzah
Tiktok: unzahgenggong
Telegram: @officialunzah
Youtube: unzah genggong

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*