Bukan Wisuda Biasa, KH. Moh. Hasan Mutawakkil ‘Alallah dan Prof. Akh. Muzakki Puji Prestasi UNZAH

Dipublikasikan

UNZAH GENGGONG – Rapat Senat Terbuka Wisuda Program Sarjana Angkatan XXIX Universitas Islam Zainul Hasan (UNZAH) dan STIH Zainul Hasan Genggong. Acara ini disiarkan langsung di Gedung Islamic Center Kraksaan Probolinggo. Kraksaan 30 November 2022.

Wisuda diikuti oleh 516 lulusan yang terdiri dari lima Fakultas 143 PAI, 31 PBA, 44 MPI, 30 PGMI, 16 PIAUD, 19 TBI, 11 TBID, 19 TMTK, 12 TIPS, 11 I-Tech, 63 ES, 29 PS, 19 MKS, 28 PM, 8 HKI, 5 IT, 28 STIH.

Acara berlangsung sekira pukul 07.30 Wib itu dihadiri oleh KH. Moh. Hasan Mutawakkil Alallah, SH., MM., Ketua Yayasan sekaligus ketua senat, Dr. Abdul Aziz Wahab, BA., M.Ag., Rektor UNZAH bersama jajaranya, Hj. Khusnul Hitaminah, SH. MH ketua STIH Zainul Hasan bersama jajarannya.

Hadir juga dalam acara ini Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D., Koordinator Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (Kopertais) Wilayah IV Surabaya dan Dr. H. M. Hasan Ubaidillah, SHI, MSi., Sekretaris Kopertais Wilayah IV Surabaya.

Ketua YPPZH KH. Moh. Hasan Mutawakkil Alallah, SH. MM meminta agar para wisudawan senantiasa menjaga nama baik Pesantren Zainul Hasan Genggong. Serta, tidak hanya memiliki karakter sebagai manusia terdidik dan intelektual. Namun, juga memiliki karakter kepesantrenan dan ke-NU-an yang dijalankan bersama-sama.

“Setelah diwisuda, tidak boleh meninggalkan salah satu dari kedua karakter tersebut. Kalian memiliki tanggung jawab sebagai santri Pesantren Zainul Hasan Genggong. Pesantren memegang amanah sebagai pencetak kader Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja),” pesan beliau kepada para wisudawan.

Beliau mengakui, dibawah nahkoda Rektor Dr. Abdul Aziz Wahab, BA., M.Ag., UNZAH terus meningkatkan capaian prestasi akademik dan non akademik. Terbukti, sepanjang tahun 2022 ini sangat banyak capaian prestasi yang diraih oleh UNZAH.

“Tahun 2022 adalah tahun yang penuh perjuangan dan prestasi. Mengapa kami menyebutkan penuh perjuangan dan prestasi, karena tahun ini UNZAH banyak berjuang dalam mendapatkan keberhasilan prestasi mahasiswa, Rektor maupun Civitas Akademika-nya”, tegas beliau saat sambutan di hadapan para wisudawan dan wali santri.

Prof. Akhmad Muzakki, M.Ag, Grad. Dip.SEAm M.Phil, Ph.D Ketua Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah IV Surabaya berpesan agar lulusan UNZAH Genggong dinilai harus memiliki keunggulan dibanding dengan lulusan dari perguruan tinggi lain. Karena sebagai perguruan tinggi, UNZAH Genggong saat ini sudah punya nilai lebih dibanding kampus yang lain.

‘’UNZAH Genggong sudah menjelma sebagai kampus unggul dan berdaya saing bukan hanya di tingkat nasional tapi sudah internasional. Mahasiswa dan lulusan UNZAH Genggong harus bangga punya sesuatu yang tidak dimiliki oleh mahasiswa yang tidak kuliah di UNZAH Genggong,’’ ujar saat memberikan sambutan.

Sementara itu Rektor UNZAH Dr. Abdul Aziz Wahab, BA., M.Ag., merinci prestasi yang dicapai diantaranya Kopertais Award 3 penghargaan tahun 2022. Kategori Auditor Mutu Internal terbanyak. Prestasi Nasional terbanyak dan Prestasi Internasional terbanyak.

Radar Bromo Award tahun 2022. Kategori Kampus Prestasi Internasional terbanyak.

Penghargaan Kopertais Wilayah IV
Sebagai kampus juara Internasional terbanyak.

Indonesia Achievement &Best Performing Award 2022 kategori The Most Reputable University With The Best Islamic Best of The Year. Disini Doktor Aziz dinobatkan sebagai Tokoh Inspiratif Penggerak Pendidikan.

“Dari awal Januari sampai sekarang telah banyak Institusi yang melakukan MoU dengan UNZAH, yaitu dari Instansi Pemerintah dan Swasta, baik lokal nasional, internasional, serta Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di seluruh Indonesia,” imbuhnya Rektor yang saat ini Dinobatkan sebagai Tokoh inspiratif Penggerak pendidikan.

Prestasi kami tidak akan berhenti sampai disini, semangat continues improvment akan terus kami lakukan dengan tagline bermutu bertekad maju untuk tetap unggul disertai teori kejar target secara berkesinambungan.

Di sela-sela acara KH. Moh. Hasan Mutawakkil ‘Alallah, S.H., M.M., dan Prof Muzakki memberikan penghargaan kepada Ustad Ainur Rofiq Sofa, M.Pd., dan Abdur Rahman, MM., Selaku Dosen Pembina Lomba Internasional.

“Bila melihat alumni dari suatu Universitas menjadi orang sukses dan hebat, hal itu tidak terlepas dari peran Dosen yang luar biasa. Itu sebabnya dibalik mahasiswa yang hebat terdapat Dosen yang hebat juga”.

Demikian itu, disampaikan oleh Prof Akhmad Muzakki, Grad Dip SEA MAg MPhil PhD Guru Besar bidang sosiologi pendidikan, saat ini aktif sebagai Rektor Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya dan Koordinator Kopertais Wilayah IV Surabaya. (rfq)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*