UNZAH Genggong Terima Kunjungan Studi Banding dari UNHASY Jombang

UNZAH GENGGONG– Kepala Lembaga Pengembangan Bahasa Asing (LPBA) Universitas Hasyim Asy’ari (UNHASY) Jombang Dr. Mu’at, M.Pd., bersama rombongan berkunjung ke Pusat Studi Bahasa Asing (PSBA) Universitas Islam Zainul Hasan (UNZAH) Genggong Kraksaan Probolinggo. Kamis (24/11/2022).

Kunjungan tersebut dalam rangka silaturrahim dan studi banding terkait pengembangan bahasa asing.

Rektor UNZAH Dr. Abdul Aziz Wahab, BA., M.Ag., CH., CHT., dalam sambutannya mengatakan bahwa kami sangat senang dengan kegiatan Studi banding yang dilakukan oleh pihak UNHASY yang beralamat di Tebuireng, Jl. Irian Jaya No.55, Cukir, Kec. Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61471.

Diawal sambutannya Doktor Aziz mengucapkan selamat datangnya di kampus UNZAH, sekaligus berterimakasih karena telah memilih UNZAH sebagai tempat studi banding.

“Apa yang bisa ditiru, ya….mari ditiru. Apa yang bisa dijadikan rujukan, mari dirujuk, sehingga kita saling bertukar pendapat. Hal ini akan menjadi sebuah kemajuan kampus kita. Informasi apa yang kira-kira diperlukan kami siap mendampingi,”ucap Doktor Aziz di sela-sela sambutannya.

Selain diisi dengan bincang-bincang beragam kemajuan antara kedua kampus yang dikelola, keduanya sepakat menjalin kerjasama terkait pengembangan bahasa asing.

Sementara itu, Doktor Mu’at selaku kepala LPBA UNHASY mengutarakan niat pertamanya guna menimba ilmu di UNZAH.

“Terus terang saya merasa takjub dengan program 7 bahasa asing yang UNZAH terapkan,” ujarnya.

Bapak Mahfudz Sulaiman.,M.Pd., selaku Direktur PSBA UNZAH dalam sambutannya menjelaskan ada 7 macam bahasa, yakni Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Bahasa Cina, Bahasa Jepang, Bahasa Korea, Bahasa Prancis, dan Bahasa Jerman.

“Jadi, Mahasiswa baru nanti wajib mengikuti kegiatan PSBA selama satu tahun. Jika tidak lulus maka tidak boleh ikut KKN” ujarnya

Menurutnya, fokus penguasaan berbicara bahasa asing yang nantinya akan di ukur dengan uji kompetensi sangat ditekankan sekali.

“Lembaga PSBA ini diperuntukkan bagi mahasiswa baru UNZAH dalam setahun pertama kuliah dengan harapan nantinya mahasiswa-mahasiswa ini seusai setahun di lembaga bahasa dapat memahami dan menguasai bahasa asing serta dapat merealisasikan apa yang didapatkannnya baik di kampus dan luar kampus,” tutur ustad Mahfud.

Pada sesi akhir dilakukan tanya jawab tentang pengelolaan berbagai program yang ada di PSBA UNZAH. Harapan kedua belah bahwa pertemuan ini dapat memberikan manfaat postif bagi perkembangan masing-masing lembaga. (rfq)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Alamat

    Jl. P.B, Sudirman, No. 360, Kraksaan, Probolinggo, 67282. Telp/Fax: 0335-842178
  • Telepon

    0335-842178
  • Fax

    0335-842178
  • Email

    sekretariat@unzah.ac.id


Universitas Islam Zainul Hasan Genggong - 2022