Kolaborasi Mahasiswa dan Dosen, Program Studi Tadris Matematika Adakan Seminar Media Pembelajaran Matematika

Dipublikasikan

UNZAH GENGGONG- Program Studi Tadris Matematika Universitas Islam Zainul Hasan (UNZAH) Genggong mengadakan Seminar khusus Mata Kuliah Media Pembelajaran Matematika diruang kelas. Sabtu (21/05/2022).

Kegiatan Seminar Media Pembelajaran Matematika (SMPM) ini juga merupakan salah satu program layanan keprofesian mahasiswa Tadris Matematika di kampus UNZAH Genggong.

Ada 6 alat peraga yang di demonstrasikan di acara Seminar Media Pembelajaran Matematika ini.

Kegiatan ini dihadiri oleh angkatan 2021, 2020 dan angkatan 2019 yang juga sebagai pemateri yang sedang mengambil mata kuliah media pembelajaran matematika semester ganjil 2021/2022 saat ini.

Selain itu, kegiatan SMPM juga dihadiri oleh Dosen Tamu Firda Hariyanti, M.Pd, Dekan sekaligus sebagai Dosen Pendidikan Matematika Fakultas MIPA ITSNU Pasuruan.

Dalam kegiatan Seminar Media Pembelajaran Matematika ini, ada 5 kelompok yang memaparkan hasil karya alat peraga yang sudah dibuat.

Kelompok 1 yang beranggotakan Novi, Shidqiyah dan Doni membuat Menara Hanoi dan Lompat Geser Katak fokus materi Barisan dan Deret Aritmatika.

Kelompok 2 yang memiliki anggota Ayu, Farida dan Mukarromah membuat alat peraga congklak dengan fokus pada materi KPK dan FPB.

Pada kelompok selanjutnya yaitu kelompok 3 yang beranggotakan Evi dan Rudi membuat alat peraga JARGONOMETRI yang fokus pada materi Trigonometri.

Kemudian kelompok 4 membuat alat peraga Bola Tiga Dimensi (BOGASI) yang fokus pada materi Bola.

Terakhir kelompok 5 membuat alat peraga Roda Matematika (ROMA) yang fokus pada materi Bangun Datar dan Bangun Ruang.

Kegiatan Seminar Media Pembelajaran Matematika (SMPM) ini di ampu langsung oleh Dosen dan sekaligus Kaprodi Tadris Matematika yaitu Ibu Wahyu Lestari, M.Pd. Puji syukur ini tahun kedua Program Studi Tadris Matematika melaksanakan Seminar Media Pembelajaran Matematika (SMPM) sebagai luaran mata kuliah media pembelajaran matematika pungkas beliau Ibu Wahyu.

Lanjut Ibu Wahyu, semoga kegiatan ini membekali mahasiswa Tadris matematika mempersiapkan untuk peningkatan efesiensi pembelajaran matematika di sekolah nantinya dan sebagai alternatif yang bisa digunakan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai melalui penggunaan media pembelajaran yang tepat.

Media pembelajaran juga dapat menjembatani konsep-konsep matematika yang abstrak menjadi lebih konkrit, sehingga siswa lebih mudah dalam menyerap informasi yang disampaikan.

Sehingga media pembelajaran juga memegang peran penting dalam proses pembelajaran yang efektif.

Adapun dijelaskan mengapa penggunaan media pembelajaran ini penting karena siswa pada umumnya perkembangan intelektualnya termasuk dalam tahap operasional konkret, yang berpikir logikanya didasarkan pada manipulasi fisik pada obyek-obyeknya.

Setelah kegiatan Seminar Media Pembelajaran Matematika ini insyaAllah mahasiswa akan akan terjun langsung mengenalkan karya alat peraga yang dihasilkan dari matakuliah media pembelajaran ini dilanjutkan ke sekolah-sekolah sekitar Kabupaten Probolinggo.

Alhamdulillah Bapak Rektor Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Bapak Dr. Abd. Aziz, M.Ag mengapresiasi kegiatan positif yang dilakukan oleh mahasiswa Tadris Matematika.

Apresiasi beliau mengarahkan Prodi Tadris Matematika untuk terus meningkatkan kegiatan-kegiatan positif yang bermanfaat baik bagi mahasiswa, kampus, dan masyarakat umum.

“Harapan saya didaerah Probolinggo ini bisa bekerja saja dengan UNZAH utamanya sekolah-sekolah yang membutuhkan pendampingan untuk memiliki fasilitas alat peraga yang ekonomis dan efisien yang banyak manfaatnya untuk mempermudah dalam belajar matematika,” ungkapnya.

Beliau menambahkan, besar harapapan dari kegiatan salah satu matakuliah di Program Studi Tadris Matematika ini agar mahasiswa serta lulusan mahasiswa Tadris Matematika UNZAH siap bersaing dengan memiliki keterampilan dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran dengan kreatif menggunakan alat peraga dari hasil karyanya sehingga materi dapat tersampaikan kepada siswa dengan baik.

Sehingga keterampilan yang nantinya menjadikan mahasiswa guru matematika mampu dalam merancang dan melaksanakan proses pembelajaran menjadi salah satu faktor keberhasilan dalam pembelajaran. (EF)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*