Implementasi Pembelajaran: Tadris IPS UNZAH Melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di Bromo

Dipublikasikan

UNZAH GENGGONG– Senin, 16 Mei 2022 yang lalu Prodi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Universitas Islam Zainul Hasan (UNZAH) Genggong melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Rabu (18/05/2022).

Kegiatan ini bertujuan untuk mengaplikasikan teori yang didapat dari bangku kuliah dengan realita yang ada di lapangan.

Pada kesempatan tersebut, salah satu dosen pendamping lapangan Novan, M.Pd. mengungkapkan harapannya terkait kegiatan tersebut.

“Melalui KKL ini diharapkan mahasiswa dapat memahami fenomena-fenomena fisik dan sosial yang terdapat di sekitar objek wisata Bromo”, ungkapnya.

Kegiatan ini mengkolaborasikan 3 mata kuliah sekaligus yakni Geografi Pariwisata yang diampu oleh Bapak Novan M.Pd, Geografi Fisik oleh Bapak Roby FD, M.Pd, dan Sejarah Indonesia oleh Nining Winarsih M.Pd dengan melibatkan mahasiswa tadris IPS angkatan 2019 dan 2020.

Selaku dosen pendamping kedua Roby Firmandil Diharjo, M.Pd., menambahkan, “berdasar lingkar pandang ilmu sosial, laboratorium IPS sejatinya juga mencakup Alam sekitar dan segala interaksi sosial yang ada di dalamnya. Oleh karenanya kegiatan KKL ini merupakan penyempurnaan ilmu teori yang diperoleh di kelas dengan melakukan pembuktian di lapangan”, imbuhnya.

Melaui kegiatan ini juga diharapkan muncul pemikiran kritis dari mahasiswa terkait fenomena yang mereka jumpai di lapangan sehingga pada akhirnya dihasilkan output-output ilmiah sebagai bentuk kepedulian kaum akademisi dalam merespon tuntutan zaman. (Nining).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*