Bulan Ramadhan, Abd Aziz; Momentum Dekatkan Diri kepada Allah Ta’ala

UNZAH GENGGONG– Rektor Universitas Islam Zainul Hasan (UNZAH) Genggong Dr. Abdul Aziz Wahab, M.Ag., menetapkan kegiatan Khotmil Quran selama Bulan Ramadhan 1443H bagi seluruh tenaga kependidikan dan struktural. Rabu (13/4/2022).

Bertempat di depan Akademik gelaran khotmil qur’an berlangsung khitmad.

Dr. Abdul Aziz Wahab, M.Ag., selaku Rektor mengungkapkan keutamaan membaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan sangatlah besar. Selain berpuasa, seorang muslim dianjurkan untuk banyak-banyak beribadah di bulan Ramadhan ini.

Lebih lanjut beliau menerangkan, salah satu ibadah yang memiliki banyak keistimewaan tentunya adalah membaca Al-Qur’an, Allah Ta’ala berfirman:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنزِلَ فِيهِ الْقُرْءَانُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ

Artinya: (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). (QS.Al Baqarah : 185)

“Barang siapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur’an maka baginya mendapat satu kebaikan, dan satu kebaikan tersebut dilipatgandakan menjadi sepuluh kalinya.” ungkap beliau mengutip hadis riwayat Imam Tirmidzi.

Bahkan, tidak jarang seorang umat Islam menargetkan untuk khatam Al-Qur’an di bulan Ramadan, karena keutamaannya sangat sayang untuk dilewatkan.

Hal ini disebutkan dalam hadits HR. ad-Dailami “Ketika seorang hamba mengkhatamkan Al-Qur’an, maka di penghujung khatamnya, sebanyak 60 ribu malaikat akan memohonkan ampun untuknya”, terangnya.

Direktur Pusat Studi Al-Qur’an dan Qiroatul Kutub (PSQQ) selaku penanggung jawab kegiatan menjelaskan, bahwa program yang dilaksanakan khusus di bulan Ramadhan ini dimaksudkan untuk memotivasi pegawai dalam membaca Al Qur’an.

Kegiatan khotmil qur’an terdiri dari masing-masing SDM ditargetkan minimal dapat mengkhatamkan 2 juzz setiap hari selama bulan Ramadhan.

“Kegiatan tersebut di mulai dari jam 08.30 sampai 09.30 WIB dan disertai absen kehadiran,” ungkapnya. (rfq)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Alamat

    Jl. P.B, Sudirman, No. 360, Kraksaan, Probolinggo, 67282. Telp/Fax: 0335-842178
  • Telepon

    0335-842178
  • Fax

    0335-842178
  • Email

    sekretariat@inzah.ac.id

Universitas Islam Zainul Hasan Genggong - 2022