Mahasiswa KKN UNZAH Dirikan Pendidikan TPQ di Desa Banjarsawah

Dipublikasikan

UNZAH GENGGONG -Mahasiswa Universitas Islam Zainul Hasan (UNZAH) Genggong yang tergabung dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dirikan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) di Desa Banjarsawah, Kecamatan Tegalsiwalan, Kabupaten Probolinggo.

Dalam perkembangannya, partisipasi peserta ternyata semakin meningkat sehingga masyarakat mengusulkan untuk mengformalkan lembaga TPQ di desa setempat, karena memang sangat dibutuhkan.

Sebelum kedatangan Mahasiswa KKN UNZAH, Desa tempat mereka tempati tidak ada pendidikan Al-Quran, berdasar temuan tersebut para mahasiswa merasa terpanggil untuk mendirikan TPQ.

Untuk keberlanjutannya, setelah KKN UNZAH pulang sudah dipersiapkan pengkaderan pemuda sebagai guru yang akan mengajar berasal dari warga setempat dan sudah berjalan mengurus perizinan.

Untuk permulaan, peserta yang mendaftar secara resmi sebanyak 30 anak yang di antar langsung oleh orang tua masing-masing.

Azimatul Aliya, selaku perwakilan kelompok mengatakan, Pendirian TPQ ini tentu saja sejalan dengan salah satu pilar KKN UNZAH dalam bisang sosial keagamaan dimana masyarakat dapat digerakkan dalam wadah sosial yang kondusif dan dapat menyebarkan kultur keagamaan yang positif.

“Kita sangat prihatin, hati kita merasa terpanggil untuk menjadikan anak-anak disini pintar membaca Al-Quran,” ungkapnya.

Dr. Mamluatun Nikmah, M.Pd., Dekan Fakultad Tarbiyah UNZAH memberikan pengarahan untuk menformalkan TPQ tersebut.

“Saya sangat tersentuh, ini bisa jadi amal jariyah yang pahalanya akan terus mengalir,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Dr. Edi Kurniawan Farid selaku ketua panitia KKN, menurutnya mahasiswa memang dituntut untuk mencari apa yang dibutuhkan masyarakat setempat.

“Semoga apa yang di perjuangkan para mahasiswa bisa jadi ladang pahala,” amin… do’a mengakhiri. (rfq)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*