Tingkatkan Publikasi Ilmiah Dosen, UNZAH Datangkan Profesor Dari UB

UNZAH GENGGONG– Civitas akademika Universitas Islam Zainul Hasan (UNZAH) Genggong bekerja sama dengan STIKes Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan Genggong menyelenggarakan workshop penulisan karya ilmiah bersama.

Bertampat di aula KH. Hasan Saufourridzall kegiatan ini mengangkat tema; Teknik dan tips penulisan karya ilmiah untuk publikasi jurnal terindeks sebagai langkah peningkatan kualitas perguruan tinggi dan karir dosen. Rabu 13/10/2021.

Diikuti oleh 100 dosen dari UNZAH dan STIKes Hafshawaty workshop tersebut diisi oleh Prof. Dr. Ir. Qomariyatus Sholihah, Amd., Hyp., ST., M.Kes. IPU dari Universitas Brawijaya Malang dan Atmari, Ph.D., juga dari Universitas Brawijaya Malang.

Prof. Dr. Qomariyatus Sholihah, Amd.hyp., S.T., M.Kes., yang resmi dikukuhkan sebagai Guru Besar Universitas Brawijaya dalam Bidang Ilmu Kesehatan Masyarakat pada hari Kamis, 11 Juni 2015 itu banyak sekali memberikan ilmu-ilmu yang bermanfaat.

Beliau juga menyatakan bahwa manfaat dari publikasi tidak hanya untuk universitas, fakultas dan program studi saja, melaikan juga sangat berpengaruh terhadap karir dosen kedapan.

Prof Qoqom, sapaan akrabnya menyatakan bahwa publikasi ilmiah, apalagi untuk jurnal internasional, bukan pekerjaan yang dapat diselesaikan dalam seminggu, sebulan, atau bahkan setahun.

Tidak jarang penulis “dipaksa” untuk menjaga stamina dalam sebuah reli panjang selama proses penelitian, pengiriman manuskrif, proses revisi yang sangat mungkin tidak sekali, sebelum akhirnya dipublikasikan di jurnal.

“Tanpa motivasi yang tepat, nampaknya agak sulit untuk mengalokasikan waktu dan energi serta menjaga konsistensi.” Ungkapnya.

Sementara itu, Rektor UNZAH Dr. Abd Aziz, M.Ag., menyampaikan harapannya bahwa output dari kegiatan ini adalah publikasi ilmiah di Jurnal Internasional bereputasi agar terealisasi secara optimal.

Publikasi ilmiah termasuk tanggung jawab bagi seorang dosen dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Keberhasilan publikasi pada jurnal bertaraf internasional bereputasi merupakan sebuah prestasi tersendiri yang tentunya akan berdampak positif bagi profesi dosen dan institusi perguruan tinggi.

“Ini sangat penting, banyaknya publikasi Internasional, maka reputasi dan kredibilitas perguruan tinggi akan terus meningkat dan mampu bersaing dengan perguruan tinggi lainnya”. Harapnya. (rfq)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Alamat

    Jl. P.B, Sudirman, No. 360, Kraksaan, Probolinggo, 67282. Telp/Fax: 0335-842178
  • Telepon

    0335-842178
  • Fax

    0335-842178
  • Email

    sekretariat@inzah.ac.id