Begini Pesan KH. Moh. Hasan Mutawakkil Alallah untuk Para Wisudawan

Dipublikasikan

UNZAH GENGGONG- Universitas Islam Zainul Hasan (UNZAH) Genggong kembali menggelar prosesi wisuda periode Agustus 2021 di GOR Damanhuri Romly Pesantren Zainul Hasan Genggong, Rabu (11/08/2021).

Ketua Yayasan Pesantren Zainul Hasan Genggong, K.H. Moh. Hasan Mutawakkil ‘Alallah, S.H., M.M. dalam sambutannya mengungkapkan, kampus UNZAH memiliki perbedaan dengan pendidikan tinggi yang lain. Menurutnya, UNZAH merupakan bagian dari gerakan aktif pesantren yang merupakan aset bangsa dan negara yang sudah ada sejak ratusan tahun. 

“Pesantren bisa hidup dalam keragaman dan menjadi teladan dalam kehidupan keragaman. Pesantren juga selalu memberikan pelayanan dalam masyarakat. Mulai pusat rujukan agama, pendidikan, bahkan ekonomi,” tuturnya. 

Kepada wisudawan, kiai Mutawakkil berharap agar ilmu yang didapat selama mengemban ilmu di UNZAH bisa memberikan manfaat bukan hanya untuk pribadi. Namun, juga berguna bagi  masyarakat umum.
  
“Sudah pasti dalam memberikan manfaat juga harus berprestasi dan memiliki kompetensi agar cakupannya lebih luas. Kalian sudah punya satu tahap, yaitu kompetensi. Pesan saya perkokoh spiritualitas dan ideologi pesantren, termasuk jaga akhlak,” pesannya.

Beliau menambahkan bahwa kuliah selama ini, bukanlah segala-galanya, hanya merupakan dasar untuk belajar. Menuntut ilmu khusus bagi kaum muslim adalah perintah agama.

“Tuntutlah ilmu dari buaian hingga ke liang lahad. Saya berharap agar anda mempersiapkan diri dengan baik untuk mengabdikan diri di masyarakat,” tegasnya

Tunjukkanlah jati diri sebagai ilmuwan yang profesional dalam bidang ilmu yang digeluti, sehingga dapat menjadi alumni UNZAH yang berkualitas dan mampu bersaing dalam melaksanakan tugas di tengah masyarakat,” pungkasnya. (rfq)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*