Rektor Unzah: Idul Adha, Momen untuk Berbagi

UNZAH GENGGONG- Rektor dan segenap Civitas Akademika Universitas Islam Zainul Hasan (UNZAH) Genggong menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1442 H / 2021 M.

Dr. Abd Aziz, M.Ag., selaku Rektor UNZAH mengatakan perayaan Idul Adha menjadi momentum tepat bagi umat Islam untuk berbagi kepada sesama yang membutuhkan dan terdampak pandemi COVID-19.

“Hari Raya Idul Adha menjadi momentum untuk saling berbagi, peduli dan menolong sesama lewat berkurban,” ungkapnya.

Lebih lanjut beliau menerangkan, Idul Adha merupakan salah satu tanggal penting dalam kalender Islam yang ditandai dengan puncak ibadah Haji di Mekkah, Arab Saudi.

Perayaan ini memperingati kisah Nabi Ibrahim dalam Al-Quran yang diperintahkan untuk mengorbankan putranya sebagai tanda kepatuhan.

Hal itu tertulis dalam Quran surat As Saffat ayat 102 yang berbunyi:

فَلَمَّا بَلَغَ مَعَهُ السَّعْيَ قَالَ يٰبُنَيَّ اِنِّيْٓ اَرٰى فِى الْمَنَامِ اَنِّيْٓ اَذْبَحُكَ فَانْظُرْ مَاذَا تَرٰىۗ قَالَ يٰٓاَبَتِ افْعَلْ مَا تُؤْمَرُۖ سَتَجِدُنِيْٓ اِنْ شَاۤءَ اللّٰهُ مِنَ الصّٰبِرِيْنَ

Artinya: Maka ketika anak itu sampai (pada umur) sanggup berusaha bersamanya, (Ibrahim) berkata, “Wahai anakku! Sesungguhnya aku bermimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka pikirkanlah bagaimana pendapatmu!” Dia (Ismail) menjawab, “Wahai ayahku! Lakukanlah apa yang diperintahkan (Allah) kepadamu; insya Allah engkau akan mendapatiku termasuk orang yang sabar.”

“Jadi, dengan berkurban tidak mengurangi harta dan tenaga seseorang karena Tuhan pasti akan melipatgandakan rejekinya.” Pungkasnya. (rfq)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Alamat

    Jl. P.B, Sudirman, No. 360, Kraksaan, Probolinggo, 67282. Telp/Fax: 0335-842178
  • Telepon

    0335-842178
  • Fax

    0335-842178
  • Email

    sekretariat@inzah.ac.id