DIES NATALIS UNZAH ke-51: Berkarya, Berkhidmah, dan Berinovasi Untuk Negeri

Seabad lebih Unzah berkiprah mengabdi untuk negeri dalam mencerdaskan anak bangsa dengan visi menjadi ”Pendidikan tinggi pelopor khaira ummah yang unggul di tingkat nasional pada tahun 2025”.

Membina generasi muda untuk menjadi sebaik-baik ummat dalam berkarya untuk membawa perubahan bangsa pada masa depan yang cerah. Unzah Genggong dalam usianya yang ke-51 telah berhasil melakukan alih status kembali menjadi universitas setelah beberapa tahap perubahan bentuk. Dengan alih status tersebut Unzah telah melebarkan ruang disiplin ilmu dengan beberapa program studi baru.

            Fakultas baru yang telah dibentuk adalah Fakultas Tadris Umum yang didalamnya ada beberapa program studi, diantaranya Tadris Matematika, Tadris Bahasa Inggris, Tadris Bahasa Indonesia, dan Tadris IPS. Sedangkan program studi yang baru diantaranya Prodi Ilmu Keolahragaan dan Prodi Pendidikan IPA yang juga masuk ke dalam Fakultas Tadris Umum. Selanjutnya juga dalam proses pembentukan fakultas Pascasarjana dengan beberapa prodi.

            Acara Dies Natalis Unzah ke-51 ini diselenggarakan selama tiga hari berturut-urut. Pada hari pertama, acara ini diawali dengan pembacaan Khotmil Qur’an oleh seluruh civitas akademika beserta para ormawa Unzah. Acara ini dibuka oleh Ketua Panitia, Dr. Muhammad Hifdil Islam, M.Pd. selaku Wakil Rektor III. Kemudian dilanjutkan dengan penampilan para Qori’ dan Qori’ah yang tak lain adalah mahasiswa anggota UKM Qiro’ah Unzah. Lalu dilanjutkan dengan kegiatan bakti sosial (baksos) dengan membagikan beberapa paket sembako kepada masyarakat sekitar. Do’a-do’a yang diaminkan bersama diharapkan dapat membawa keberkahan dalam kemajuan kampus UNZAH ke depan.

            Hari kedua dibuka dengan acara apel seluruh staf bersama para pimpinan Unzah. Beberapa amanah disampaikan langsung oleh Wakil Rektor Unzah, Ibu Endah Tri Wisudaningsih, M.Pd.I. Kemudian apel dilanjutkan dengan acara senam pagi bersama, menggerakkan badan untuk kesehatan jasmani semua staf Unzah. Lalu dilanjutkan dengan beberapa fun game dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun Unzah yang bertujuan mempererat kebersamaan dan kekompakan para staf untuk saling bekerja sama. Permainan sederhana yang bermakna meningkatkan  solidaritas antar staf dan menguatkan kerja team work, diantaranya lomba pukul air, lomba makan kerupuk, memindahkan tepung dengan piring, lari kelereng, memindahkan sarung, dan game team “BUSS”.

Acara Apel Dies Natalis Unzah Ke-51

            Sesi lomba fun game tersebut berlangsung semarak, semua staf mengikuti permainan dengan semangat. Kekompakan tim, solidaritas, kerja sama dan komunikasi yang baik adalah kunci keberhasilan dalam mencapai target kerja. Dari fun game tersebut, dapat diambil makna bahwa semua staf tidak dapat bekerja secara individualis, namun perlu adanya dukungan, komunikasi, dan kerja sama yang baik dengan pihak/bagian lainnya untuk meningkatkan kinerja yang efektif dan efisien.

Pada hari ulang tahun Unzah ke-51 yang dimulai dari tahun 1968 – 2020 inilah diperlukan momentum evaluasi bersama, memperbaiki, meningkatkan, dan mengembangkan kampus agar menjadi lebih maju, lebih aktif serta semakin kontributif dalam membangun bangsa. Tentu untuk mewujudkan cita-cita ini perlu adanya kerja sama atau sinergi dari berbagai pihak, baik para civitas akademika, tenaga kependidikan, dan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Alamat

    Jl. P.B, Sudirman, No. 360, Kraksaan, Probolinggo, 67282. Telp/Fax: 0335-842178
  • Telepon

    0335-842178
  • Fax

    0335-842178
  • Email

    sekretariat@inzah.ac.id